Entri Populer

Senin, 19 Desember 2011

Mencetak Anak Didik menjadi anak yang BER AKHLAQUL KARIMAH

Add caption
SANG JUARA CETAKAN MI HIDAYATUL MUBTADIIN

INTRUMEN PENGUMPULAN DATA DAN INFOR MASI
PENDUKUNG AKREDITASI SD/ MI
Madrasah                                : MI. Ma’arif NU HidayatulMubtadi’in.
Nomor Statistik Madrasah      : 1123516004
Nama Kepala Madrasah          : Moch. As’ari
Alamat Madrasah                    : Padangasri Jatirejo Mojokerto

1.STANDAR ISI
1.Pelaksanaan kurikulum berdasarkan muatan KTSP ( isi menurut apa terjadi di sekolah /Madrasah saudara )
No
Komponen Muatan KTSP
1
Mata Pelajaran
1)      Bahasa Indonesia
2)      Ilmu Pengetahuan Alam
3)      Ilmu Pengetahuan Sosial.
4)      Matematika.
5)      PKn

6)      Aqidah Akhlaq
7)      Al qur an Hadits
8)      Fiqih
9)      Sejarah Kebudayaan Islam
10)  Bahasa Arab
2
Muatan Lokal :
1)      Bahasa Jawa
2)      Bahasa Ingris
3)      Ke NU an

3
Kegiatan Pengembangan diri:
1)      Olah raga
2)      Seni baca Al qur an
3)      Pidato
Sholawat Nabi
4
Pengaturan beban mengajar *Kalender Pendidikan dan Jadwal
5
Ketuntasan Belajar
1)                     Bahasa Indonesia               KKM = 70
2)                     Ilmu Pengetahuan Alam    KKM = 65
3)                     Ilmu Pengetahuan Sosial.  KKM = 65
4)                     Matematika.                       KKM = 60              
5)                     PKn                                    KKM = 70

6)      Aqidah Akhlaq                  KKM = 75
7)      Al qur an Hadits                KKM = 70
8)      Fiqih                                   KKM = 70
9)      Sejarah Kebudayaan Islam KKM =65
10)  Bahasa Arab                       KKM = 60

6
Kriteria Kenaikan kelas :
1)            Mengikuti Proses Belajar Mengajar
2)            Mentaati Peraturan Madrasah
3)            Mengikuti Ulangan semester
4)            Memenuhi SKM
Kriteria kelulusan :
1)            Terdaftar sebagai siswa Kelas akhir
2)            Mengikuti PBM di kelas 6
3)            Mengikuti Ujian Akhir
Mentaati Peraturan Madrasah
7
Pendidikan kecakapan hidup:
1)            Ketrampilan Tata boga
2)            Pendidikan profesi.
3)             

8
Pendidikan berbasis keunggulan local dan global dalam bentuk :  Praktek Ibadah,Kepramukaan Pengenalan Pembelajaran Multimedia,UKS



2. Pihak Pihak yang terlibat dalam Pengembangan Kurikulum
No
Pihak Pihak yang terlibat
1
2
3
4

Kepala Sekolah
Guru
Pengurus / Komite Madrasah
Tokoh Masyarakat / Tokoh Pendidikan.
3. Prinsip Pengembangan KTSP Madrasah
No
Prinsip Pengembangan KTSP
1
2
3
4
5
6
7

Pendidikan berpusat pada potensi, kebutuhan, dan kepentingan siswa dan lingkungannya
Beragam dan terpadu
Tanggap terhadap ilmu pengetahuan,tekhnologi, dan seni.
Relevan dengan kebutuhan hidup
Menyeluruh dan berkesinambungan
Belajar sepanjang hayat
Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah
4. Mekanisme yang dilakukan dalam penyusunan KTSP
No
Mekanisme yang dilalui
1
2
3
4
5
6
7
Melibatkan tim penyusun( guru, konselor, Kepala madrasah, komite madrasah,Yayasan
Melalui Workshop.
Kegiatan reviu dan revisi
Menghadirkan nara sumber.
Finalisasi KTSP
Pemantapan dan penialaian.
Pendokumentasian hasil penyusunan kurikulum.
5. Prinsip Pelaksanaan KTSP
No
Prinsip Pelaksanaan KTSP
1

2






3
4

5

6
7

Siswa mendapatkan pelayananpendidikan yang bermutu serta memperoleh kesempatan mengekspresikan dirinya secara bebas,dinamis dan menyenangkan.
Menegakkan 5 pilar belajar :
a)   Belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
b)  Belajar untuk memahami dan menghayati
c)   Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif
d)  Belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan
e)   Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melaui proses pembelajar  yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Siswa mendapatkan layanan bersifat perbaikan, pengayaan, perbaikan, dan percepatan.
Suasana hubungan siswa dan guru yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat.
Menggunakan pendekatan multisetrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Mendayagunakan kondisi alam, social dan budaya, serta kekayaan daerah.
Diselenggarakan dalam keseimbangan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang pendidikan
6.Mata Pelajaran Lokal yang di ajarkanMadrasah
No

1
2
3
4

Bahasa jawa
Bahasa Ingris
Ke NU an
Kitab Kuning.
           



Pihak yang terlibat dalam proses Penyusunan mata pelajaran muatan lokal.
No

1
2
3
4

Kepala Sekolah
Guru
Komite
Guru senior
7. Jenis Konseling yang dilakukan Madrasah
No
Jenis Konseling yang dilakukan Madrasah
1
2
3
4

Belajar
Pribadi
Sosial

8. Jenis Kegiatan Extra kurikuler yang dilakukan Madrasah
No
Jenis Kegiatan Extra kurikuler yang dilakukan Madrasah
1
2
3
4

Kepramukaan
Sepak Bola, Bulu tangkis
Drum band, Sholawat nabi
Seni baca Al qur’an
9.Kesesuaian indikator, Kompetensi dasar, dan Standar Kompetensi
No
Mata Pelajaran
Tingkat kesesuaian
Sangat Sesuai
Sesuai
Kurang sesuai
Sangat tidak sesuai
1
Bahasa Indonesia



2
Ilmu Pengetahuan Alam



3
Ilmu Pengetahuan Sosial



4
Matematika.



5
PKn



6
Aqidah Akhlaq                 



7
Al qur an Hadits               



8
Fiqih 



9
Sejarah Kebudayaan Islam



10
Bahasa Arab       




10. Beban belajar yang ditetapkan oleh Madrasah.
No
Pembelajaran
Jumlah
1
1 Jam tatap muka kelas 1 s.d. 3
35  menit
2
1 Jam tatap muka kelas 4 s.d. 6
35  menit
3
Jumlah Jam Pembelajaran per minggu kelas 1 s.d. 3
32 Jam
4
Jumlah jam Pembelajaran per minggu kelas 4 s. d. 6
34  Jam
5
Jumlah Jam minggu efektif per tahun
38 Minggu
11.sd 12
13. Dokumen Pengembangan silabus (isi jenis dokumen yang relevan dengan kegiatan pengembangan silabus ).
No
Langkah pengembangan silabus
Ketersediaan dokumen
ada
tidak
1
Mengkaji standar kompetensi dan Kompetensi dasar

2
Mengidentifikasi Materi pokok / pembelajaran

3
Mengembangkan kegiatan pembelajaran

4
Merumuskan indikator pencapaian kompetensi

5
Menentukan jenis penilaian

6
Menentukan alokasi waktu

7
Menentukan sumber belajar


14. Mata Pelajaran yang memiliki silabus pelajaran yang disiapkan oleh guru mata pelajaran.
No
Mata Pelajaran
Kelas
1
Bahasa Indonesia
4 - 6
2
Ilmu Pengetahuan Alam
4 - 6
3
Ilmu Pengetahuan Sosial
4 - 6
4
Matematika.
4 - 6
5
PKn
4 - 6
6
Aqidah Akhlaq                  
4 - 6
7
Al qur an Hadits               
4 - 6
8
Fiqih 
4 - 6
9
Sejarah Kebudayaan Islam
4 - 6
10
Bahasa Arab       
4 - 6
15 --
16 KKM Mata Pelajaran
No
Mata Pelajaran
Nilai KKM ( 1 – 100 )
1
Bahasa Indonesia
70
2
Ilmu Pengetahuan Alam
65
3
Ilmu Pengetahuan Sosial
65
4
Matematika.
60
5
PKn
70
6
Aqidah Akhlaq                 
75
7
Al qur an Hadits               
70
8
Fiqih 
70
9
Sejarah Kebudayaan Islam
65
10
Bahasa Arab       
60
17 Aspek yang diperhatikan dalam penentuan KKM
No
Aspek yang diperhatikan
Ya
Tidak
1
Karakteristik siswa

2
Karakteristik Mata Pelajaran

3
Kondisi Sekolah / Marasah

18. Komponen kalender akademik Madrasah
No
Komponen
Ketersediaan
Ada
Tidak
1
Jadwal awal tahun pelajaran

2
Minggu Efektif

3
Pembelajaran efektif

4
Hari Libur


II. STANDAR PROSES
19. Mata Pelajara yang memiliki RPP dengan lengkap :
No
Mata Pelajaran
1
Bahasa Indonesia
2
Ilmu Pengetahuan Alam
3
Ilmu Pengetahuan Sosial
4
Matematika.
5
PKn
6
Aqidah Akhlaq                 
7
Al qur an Hadits               
8
Fiqih 
9
Sejarah Kebudayaan Islam
10
Bahasa Arab       



20. Mata Pelajaran yang RPP nya telah memenuhi 6 Prinsip penyusunan RPP
No
Mata Pelajaran
1
Bahasa Indonesia
2
Ilmu Pengetahuan Alam
3
Ilmu Pengetahuan Sosial
4
Matematika.
5
PKn
6
Aqidah Akhlaq                 
7
Al qur an Hadits               
8
Fiqih 
9
Sejarah Kebudayaan Islam
10
Bahasa Arab       
21 Persyaratan proses pembelajaran
No
Mata Pelajaran
1
Jumlah Siswa tiap kelas = 30 siswa
2
Jumlah Jam beban mengajar guru = 24 jam / minggu
3
Perbandingan Jumlah buku teks;siswa = 2 ; 1
4
Pengelolaan kelas yang dilakukan

a.  guru mengatur tempat duduk sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran, serta aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan; 
b.  volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan baik oleh siswa; 
c.  tutur kata guru santun dan dapat dimengerti oleh siswa; 
d.  guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar siswa; 
e.  guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keselamatan, dan kepatuhan pada peraturan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran;
f.  guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung;
g.  guru menghargai siswa tanpa memandang latar belakang agama, suku, jenis kelamin, dan status sosial ekonomi;
h.  guru menghargai pendapat siswa;
i.  guru memakai pakaian yang sopan, bersih, dan rapi;
j.  pada tiap awal semester, guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang diajarkannya; dan
k.  guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.
22. Langkah Pembelajaran yang di lakukan
No
Langkah – Langkah Pembelajaran
1





2

Kegiatan pendahuluan.
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
a.  menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.  mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan       materi yang akan dipelajari;
c.  menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang
     akan dicapai;
d.  menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
     sesuai dengan silabus.
Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi).
A. EKSPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.  melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi  yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari      aneka sumber;
 b. menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber                            belajar lain;
c.  memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan   dan sumber belajar lainnya;
d.  melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan   
e.  memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan.
B. ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.  membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu                                                                                                yang bermakna;
b.  memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan  bertindak tanpa rasa takut;
d.  memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.  memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.  memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok;
g.  memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.
h.  memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
i.  memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.
C. KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,  maupun  hadiah terhadap keberhasilan siswa;
2.  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber;
3.  memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan;
4.  memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
a)  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang  menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
b)  membantu menyelesaikan masalah;
c)  memberi acuan agar siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
d)  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; dan
e)  memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. Kegiatan pendahuluan.
23 dan 24. Pelaksanaan Pembelajaran
KELAS
Pendekatan

Tematik
Mata Pelajaran
Lain lain
I


II


III


IV


V


VI



 

1 komentar: