Add caption |
INTRUMEN PENGUMPULAN DATA DAN INFOR MASI
PENDUKUNG AKREDITASI SD/ MI
Madrasah : MI. Ma’arif NU HidayatulMubtadi’in.
Nomor Statistik Madrasah : 1123516004
Nama Kepala Madrasah : Moch. As’ari
Alamat Madrasah : Padangasri Jatirejo Mojokerto
1.STANDAR ISI
1.Pelaksanaan kurikulum berdasarkan muatan KTSP ( isi menurut apa terjadi di sekolah /Madrasah saudara )
No | Komponen Muatan KTSP | |
1 | Mata Pelajaran 1) Bahasa Indonesia 2) Ilmu Pengetahuan Alam 3) Ilmu Pengetahuan Sosial. 4) Matematika. 5) PKn | 6) Aqidah Akhlaq 7) Al qur an Hadits 8) Fiqih 9) Sejarah Kebudayaan Islam 10) Bahasa Arab |
2 | Muatan Lokal : 1) Bahasa Jawa 2) Bahasa Ingris 3) Ke NU an | |
3 | Kegiatan Pengembangan diri: 1) Olah raga 2) Seni baca Al qur an 3) Pidato Sholawat Nabi | |
4 | Pengaturan beban mengajar *Kalender Pendidikan dan Jadwal | |
5 | Ketuntasan Belajar 1) Bahasa Indonesia KKM = 70 2) Ilmu Pengetahuan Alam KKM = 65 3) Ilmu Pengetahuan Sosial. KKM = 65 4) Matematika. KKM = 60 5) PKn KKM = 70 | 6) Aqidah Akhlaq KKM = 75 7) Al qur an Hadits KKM = 70 8) Fiqih KKM = 70 9) Sejarah Kebudayaan Islam KKM =65 10) Bahasa Arab KKM = 60 |
6 | Kriteria Kenaikan kelas : 1) Mengikuti Proses Belajar Mengajar 2) Mentaati Peraturan Madrasah 3) Mengikuti Ulangan semester 4) Memenuhi SKM Kriteria kelulusan : 1) Terdaftar sebagai siswa Kelas akhir 2) Mengikuti PBM di kelas 6 3) Mengikuti Ujian Akhir Mentaati Peraturan Madrasah | |
7 | Pendidikan kecakapan hidup: 1) Ketrampilan Tata boga 2) Pendidikan profesi. 3) | |
8 | Pendidikan berbasis keunggulan local dan global dalam bentuk : Praktek Ibadah,Kepramukaan Pengenalan Pembelajaran Multimedia,UKS |
2. Pihak Pihak yang terlibat dalam Pengembangan Kurikulum
No | Pihak Pihak yang terlibat |
1 2 3 4 | Kepala Sekolah Guru Pengurus / Komite Madrasah Tokoh Masyarakat / Tokoh Pendidikan. |
3. Prinsip Pengembangan KTSP Madrasah
No | Prinsip Pengembangan KTSP |
1 2 3 4 5 6 7 | Pendidikan berpusat pada potensi, kebutuhan, dan kepentingan siswa dan lingkungannya Beragam dan terpadu Tanggap terhadap ilmu pengetahuan,tekhnologi, dan seni. Relevan dengan kebutuhan hidup Menyeluruh dan berkesinambungan Belajar sepanjang hayat Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah |
4. Mekanisme yang dilakukan dalam penyusunan KTSP
No | Mekanisme yang dilalui |
1 2 3 4 5 6 7 | Melibatkan tim penyusun( guru, konselor, Kepala madrasah, komite madrasah,Yayasan Melalui Workshop. Kegiatan reviu dan revisi Menghadirkan nara sumber. Finalisasi KTSP Pemantapan dan penialaian. Pendokumentasian hasil penyusunan kurikulum. |
5. Prinsip Pelaksanaan KTSP
No | Prinsip Pelaksanaan KTSP |
1 2 3 4 5 6 7 | Siswa mendapatkan pelayananpendidikan yang bermutu serta memperoleh kesempatan mengekspresikan dirinya secara bebas,dinamis dan menyenangkan. Menegakkan 5 pilar belajar : a) Belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME b) Belajar untuk memahami dan menghayati c) Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif d) Belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan e) Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melaui proses pembelajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Siswa mendapatkan layanan bersifat perbaikan, pengayaan, perbaikan, dan percepatan. Suasana hubungan siswa dan guru yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat. Menggunakan pendekatan multisetrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Mendayagunakan kondisi alam, social dan budaya, serta kekayaan daerah. Diselenggarakan dalam keseimbangan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang pendidikan |
6.Mata Pelajaran Lokal yang di ajarkanMadrasah
No | |
1 2 3 4 | Bahasa jawa Bahasa Ingris Ke NU an Kitab Kuning. |
Pihak yang terlibat dalam proses Penyusunan mata pelajaran muatan lokal.
No | |
1 2 3 4 | Kepala Sekolah Guru Komite Guru senior |
7. Jenis Konseling yang dilakukan Madrasah
No | Jenis Konseling yang dilakukan Madrasah |
1 2 3 4 | Belajar Pribadi Sosial |
8. Jenis Kegiatan Extra kurikuler yang dilakukan Madrasah
No | Jenis Kegiatan Extra kurikuler yang dilakukan Madrasah |
1 2 3 4 | Kepramukaan Sepak Bola, Bulu tangkis Drum band, Sholawat nabi Seni baca Al qur’an |
9.Kesesuaian indikator, Kompetensi dasar, dan Standar Kompetensi
No | Mata Pelajaran | Tingkat kesesuaian | |||
Sangat Sesuai | Sesuai | Kurang sesuai | Sangat tidak sesuai | ||
1 | Bahasa Indonesia | √ | |||
2 | Ilmu Pengetahuan Alam | √ | |||
3 | Ilmu Pengetahuan Sosial | √ | |||
4 | Matematika. | √ | |||
5 | PKn | √ | |||
6 | Aqidah Akhlaq | √ | |||
7 | Al qur an Hadits | √ | |||
8 | Fiqih | √ | |||
9 | Sejarah Kebudayaan Islam | √ | |||
10 | Bahasa Arab | √ |
10. Beban belajar yang ditetapkan oleh Madrasah.
No | Pembelajaran | Jumlah |
1 | 1 Jam tatap muka kelas 1 s.d. 3 | 35 menit |
2 | 1 Jam tatap muka kelas 4 s.d. 6 | 35 menit |
3 | Jumlah Jam Pembelajaran per minggu kelas 1 s.d. 3 | 32 Jam |
4 | Jumlah jam Pembelajaran per minggu kelas 4 s. d. 6 | 34 Jam |
5 | Jumlah Jam minggu efektif per tahun | 38 Minggu |
11.sd 12
13. Dokumen Pengembangan silabus (isi jenis dokumen yang relevan dengan kegiatan pengembangan silabus ).
No | Langkah pengembangan silabus | Ketersediaan dokumen | |
ada | tidak | ||
1 | Mengkaji standar kompetensi dan Kompetensi dasar | √ | |
2 | Mengidentifikasi Materi pokok / pembelajaran | √ | |
3 | Mengembangkan kegiatan pembelajaran | √ | |
4 | Merumuskan indikator pencapaian kompetensi | √ | |
5 | Menentukan jenis penilaian | √ | |
6 | Menentukan alokasi waktu | √ | |
7 | Menentukan sumber belajar | √ |
14. Mata Pelajaran yang memiliki silabus pelajaran yang disiapkan oleh guru mata pelajaran.
No | Mata Pelajaran | Kelas |
1 | Bahasa Indonesia | 4 - 6 |
2 | Ilmu Pengetahuan Alam | 4 - 6 |
3 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 4 - 6 |
4 | Matematika. | 4 - 6 |
5 | PKn | 4 - 6 |
6 | Aqidah Akhlaq | 4 - 6 |
7 | Al qur an Hadits | 4 - 6 |
8 | Fiqih | 4 - 6 |
9 | Sejarah Kebudayaan Islam | 4 - 6 |
10 | Bahasa Arab | 4 - 6 |
15 --
16 KKM Mata Pelajaran
No | Mata Pelajaran | Nilai KKM ( 1 – 100 ) |
1 | Bahasa Indonesia | 70 |
2 | Ilmu Pengetahuan Alam | 65 |
3 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 65 |
4 | Matematika. | 60 |
5 | PKn | 70 |
6 | Aqidah Akhlaq | 75 |
7 | Al qur an Hadits | 70 |
8 | Fiqih | 70 |
9 | Sejarah Kebudayaan Islam | 65 |
10 | Bahasa Arab | 60 |
17 Aspek yang diperhatikan dalam penentuan KKM
No | Aspek yang diperhatikan | Ya | Tidak |
1 | Karakteristik siswa | √ | |
2 | Karakteristik Mata Pelajaran | √ | |
3 | Kondisi Sekolah / Marasah | √ |
18. Komponen kalender akademik Madrasah
No | Komponen | Ketersediaan | |
Ada | Tidak | ||
1 | Jadwal awal tahun pelajaran | √ | |
2 | Minggu Efektif | √ | |
3 | Pembelajaran efektif | √ | |
4 | Hari Libur | √ |
II. STANDAR PROSES
19. Mata Pelajara yang memiliki RPP dengan lengkap :
No | Mata Pelajaran |
1 | Bahasa Indonesia |
2 | Ilmu Pengetahuan Alam |
3 | Ilmu Pengetahuan Sosial |
4 | Matematika. |
5 | PKn |
6 | Aqidah Akhlaq |
7 | Al qur an Hadits |
8 | Fiqih |
9 | Sejarah Kebudayaan Islam |
10 | Bahasa Arab |
20. Mata Pelajaran yang RPP nya telah memenuhi 6 Prinsip penyusunan RPP
No | Mata Pelajaran |
1 | Bahasa Indonesia |
2 | Ilmu Pengetahuan Alam |
3 | Ilmu Pengetahuan Sosial |
4 | Matematika. |
5 | PKn |
6 | Aqidah Akhlaq |
7 | Al qur an Hadits |
8 | Fiqih |
9 | Sejarah Kebudayaan Islam |
10 | Bahasa Arab |
21 Persyaratan proses pembelajaran
No | Mata Pelajaran |
1 | Jumlah Siswa tiap kelas = 30 siswa |
2 | Jumlah Jam beban mengajar guru = 24 jam / minggu |
3 | Perbandingan Jumlah buku teks;siswa = 2 ; 1 |
4 | Pengelolaan kelas yang dilakukan |
a. guru mengatur tempat duduk sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran, serta aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan; b. volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan baik oleh siswa; c. tutur kata guru santun dan dapat dimengerti oleh siswa; d. guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar siswa; e. guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keselamatan, dan kepatuhan pada peraturan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran; f. guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung; g. guru menghargai siswa tanpa memandang latar belakang agama, suku, jenis kelamin, dan status sosial ekonomi; h. guru menghargai pendapat siswa; i. guru memakai pakaian yang sopan, bersih, dan rapi; j. pada tiap awal semester, guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang diajarkannya; dan k. guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. |
22. Langkah Pembelajaran yang di lakukan
No | Langkah – Langkah Pembelajaran |
1 2 | Kegiatan pendahuluan. Dalam kegiatan pendahuluan, guru: a. menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; b. mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari; c. menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; d. menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus. Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi). A. EKSPLORASI Dalam kegiatan eksplorasi, guru: a. melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber; b. menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain; c. memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya; d. melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan e. memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan. B. ELABORASI Dalam kegiatan elaborasi, guru: a. membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; b. memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; c. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut; d. memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif; e. memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar; f. memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok; g. memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok. h. memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; i. memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa. C. KONFIRMASI Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 1. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa; 2. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber; 3. memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan; 4. memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: a) berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar; b) membantu menyelesaikan masalah; c) memberi acuan agar siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi; d) memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; dan e) memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. Kegiatan pendahuluan. |
23 dan 24. Pelaksanaan Pembelajaran
KELAS | Pendekatan | ||
Tematik | Mata Pelajaran | Lain lain | |
I | √ | ||
II | √ | ||
III | √ | ||
IV | √ | ||
V | √ | ||
VI | √ |
You are the Best
BalasHapus